RESUM 6. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK


INTERACTION DIAGRAM


Interaction diagram menggambarkan aspek dinamis dalam UML. Selain itu juga menggambarkan interaksi atau komunikasi antar obyek. Bentuk komunikasinya dengan saling mengirim dan menerima pesan atau message.
For example, a form may ask a report object to print itself.
shows you, step−by−step, one of the flows through a use case: what objects are needed for the flow, what messages the objects send to each other, what actor initiates the flow, and what order the messages are sent.
Dalam UML ada 2 diagram yang menggambarkan interaksi antar obyek :
§  Sequence Diagram
§  Collaboration diagram
Beberapa literatur menambahkan satu lagi yaitu state diagram.

Persamaan sequence diagram dan collaboration diagram :
Menampilkan objek yang berpartisipasi dalam aliran melalui use case dan pesan yang dikirim antar objek.
Perbedaan sequence diagram dan collaboration diagram :
§  Sequence diagram
1.      Diperintahkan oleh waktu.
2.      Berguna jika seseorang ingin mereview flow of logic melalui skenario.
3.      Menyediakan cara untuk melihat skenario dalam time-based order : apa yang terjadi pertama, apa yang terjadi berikutnya, dll. Digunakan untuk menentukan message ordering .
§  Collaboration diagram
1.      Diatur sekitar obyek itu sendiri.
2.      Berguna jika Anda ingin menilai dampak perubahan. Sangat mudah untuk melihat pada collaboration diagram, objek yang berkomunikasi dengan objek yang lain. Jika Anda ingin mengubah objek, Anda dapat dengan mudah melihat objek-objek lain yang mungkin akan terpengaruh.
3.      Memberikan gambaran besar untuk skenario, karena mereka diorganisir sekitar bagaimana objek me-link ke satu dan yang lainnya. Digunakan untuk menentukan class relationships.
Tahap-tahap untuk membuat sequence atau collaboration diagram :
§  Flow of eventnya sudah dibuat dan benar
§  Find the objects -> Object adalah member of class
§  Find the actor.
§  Add messages to the diagram (antar obyek memberi dan menerima informasi, termasuk aktor)
§  1 usecase memiliki 1 sequence diagram
§  Dengan menggunakan tools kita bisa merubah sequence diagram ke collaboration atau sebaliknya (jadi cukup membuat 1 saja) -> rekomendasi membuat sequence, karena lebih mudah.

OBJECTS

Ada 3 jenis objek :
§  Boundary
Objek yang terletak pada batas antara sistem dan dunia luar. Dengan kata lain, ini adalah form dan windows aplikasi dan interface ke aplikasi lain.
§  Entity
§  Control
Objek opsional yang mengontrol aliran melalui use case. Mereka tidak melakukan fungsionalitas bisnis dalam dan dari dirinya sendiri. Sebaliknya, mereka mengkoordinasikan objek lain dan mengontrol aliran logika secara keseluruhan.

Rabu, 19 Oktober 2011 di 01.37

0 Comments to "RESUM 6. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK"

Posting Komentar

Silahkan koment...

Bola Dunia