Activity Diagram
• Sebuah aktivitas dapat direalisasikan oleh satu use case atau lebih.
• Aktivitas menggambarkan proses yang berjalan, sementara use case menggambarkan bagaimana aktor menggunakan sistem untuk melakukan aktivitas.
• Menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang,
• Menggambarkan bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir.
• Menggambarkan proses paralel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi.
• Merupakan state diagram khusus, di mana sebagian besar state adalah action dan sebagian besar transisi di-trigger oleh selesainya state sebelumnya (internal processing).
• Tidak menggambarkan behaviour internal sebuah sistem (dan interaksi antar subsistem) secara eksak, tetapi lebih menggambarkan proses-proses dan jalur-jalur aktivitas dari level atas secara umum.
• Sama seperti state, standar UML menggunakan segiempat dengan sudut membulat untuk menggambarkan aktivitas. Decision digunakan untuk menggambarkan behaviour pada kondisi tertentu.
• Untuk mengilustrasikan proses-proses paralel (fork dan join) digunakan titik sinkronisasi yang dapat berupa titik, garis horizontal atau vertikal.
• Activity diagram dapat dibagi menjadi beberapa object swimlane untuk menggambarkan objek mana yang bertanggung jawab untuk aktivitas tertentu.
CONTOH ACTIVITY DIAGRAM TANPA SWIMLAND


0 Comments to "RESUM 4. PERANCANGAN SISTEM INFORMASI BERORIENTASI OBJEK"