Keunggulan beberapa Browser..

Pendahuluan

Dalam keseharian, kegunaan browser hampir tidak dapat lepas dari kehidupan kita. Karena seperti yang telah kita sadari bahwa banyak dari kita adalah orang-orang yang tidak dapat lepas dari internet, untuk memenuhi kebutuhan informasi.
Browser berbasis hypertext pertama (World Wide Web) dibuat pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee. Browser ini dikenalkan pada beberapa orang di CERN pada Maret 1991. Inilah awal mula kebangkitan dari browser. Setelah World Wide Web, muncul browser-browser lain ciptaan perguruan tinggi berturut-turut. Antara lain Berners-Lee dan muridnya menciptakan Libwww pada tahun 1992 yang dibangun dengan bahasa C. Dilanjutkan dengan Erwise (1992) oleh Robert Cailiau, mahasiswa Helsinki University of Technology. Kemudian ViolaWWW (Mei 1992) oleh PeiWei, mahasiswa University of California at Berkeley, MidasWWW (1992) oleh Tony Johnson. Namun bagaimanapun juga, browser yang membuat web makin populer adalah Mosaic, yang merupakan browser grafis pertama kali. Browser yang dibangun oleh NCSA (National Center for Supercomputer Applications) ―sebuah research institute di the University of Illinois― yang diketuai oleh Marc Andreessen ini dirilis pertama kali (versi 1.0) pada Februari 1993 dan Mosaic ini merupakan killer application pada saat itu. Dan kemudian Marc Andreessen keluar dari tim dan bergabung dengan Netscape Communications Corporation.
Netscape merilis Netscape Navigator pada Oktober 1994. Sedangkan Agustus 1994, NCSA memberikan hak komersialnya pada Spyglass Inc., dimana setahun kemedian Microsoft membelinya untuk Internet Explorer. Disinilah awal mula persaingan browser atau disebut juga perang browser.

Internet Explorer versi 1.0 dan 2.0 masih sangat jauh dibawah Netscape Navigator. Namun Internet Explorer 3.0 (dirilis tahun 1997) mulai mengalahkan Netscape Navigator. Pada akhirnya, Netscape Navigator jatuh saat Internet Explorer 5.0 dirilis tahun 1998. Pengguna Netscape Navigator makin menurun, sehingga Internet Explorer memimpin pasaran browser di dunia sampai sekitar awal 2000, sekitar 5 tahun Internet Explorer 6.0 terus bertahan. Namun kini Internet Explorer harus menghadapi pesaing-pesaingnya yang lain yang tidak kalah merajai pasaran adalah Opera, Mozilla Firefox, Safari dll.

Pembahasan
Dari sekian banyak web browser yang ada saat ini, bisa dikatakan browser Firefox, Internet Explorer, Google Chrome , Safari dan Opera adalah browser yang paling banyak digunakan.
Kelompok kami mencoba me-review keunggulan dan kekurangan masing-masing browser ini.

1. Intenet Explorer

(+) Kelebihan:

* Menyediakan add ons, walaupun tidak sebanyak Firefox
* Khusus IE8, tampilannya lebih elegan dan menarik
* Bagi pengguna Windows Live maka akan di manjakan dengan tab bookmark yang terhubung ke fitur-fitur milik Windows Live.

(-) Kekurangan:

* Gagal membaca script dibeberapa halaman situs. (khususnya CSS)
* Berat saat awal start dan saat membuka tab baru Browser ini kurang bandel.
Browser ini kurang bandel. Saya jarang pake IE8 karena pernah terkena virus saat browsing pakai ini. "IE sebagai penguasa pasar web browser memang menjadi target utama serangan para hacker" .


2. Mozilla firefox

(+) Kelebihan:

* Banyak fitur tambahan (add ons), ibarat kepingan puzzle, add ons ini bisa dibongkar pasang sesuai dengan kebut uhan user.
* Bandel, cocok untuk membuka situs-situs multimedia.
* Updatenya mudah
* Sistem security kuat
* Standar Compliant. Rendering engine Gecko adalah salah satu engine yang paling sesuai dengan standar dari W3C
* Lebih aman. Firefox tidak menggunakan fungsi-fungsi Active-X seperti IE yang memungkinkan seseorang menyerang kedalam sistem operasi melalui web browser.
Internet Explorer
* Navigasi yang lebih baik





(-) Kekurangan:

* Loading lama saat mulai start, apalagi jika banyak adds-on yang terinstall. Membuka situs-situs multimedia seperti Youtube dan Metacafe memang lebih cocok memakai Firefox.
Download managernya juga lebih oke karena masih bekerja ketika browser ditutup ,
apalagi buat yang suka download
file-file besar.
* Startup time (waktu menjalankan program pertama kali) sangat lambat dan berat.
* Tidak berfungsi optimal bila tidak ditambahi addons
* Para crackers sekarang mulai membidik browser ini, karena jumlah penggunanya yang besar.
* Program update berarti mendownload versi baru dari Firefox, berbeda dengan IE yang hanya mengupgrade modulnya saja
* Banyak addons tidak berfungsi apabila Firefox telah diupdate. (berlaku untuk perubahan yang besar, misalnya dari versi 2 ke versi 3)

Bila ingin mendownload file lebih baik memakai firefox, Sebab firefox sudah terintegrasi dengan IDM, apalagi add-on flashgot dan down them all,

3. Google Chorome

(+) Kelebihan:

* Ringan dan gesit, termasuk ketika start pertama kali dan berpindah tab.
* Desainnya simpel dan minimalis.
* Updatenya mudah.
* Sistem security kuat, saat ini menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.

(-) Kekurangan:

* Statis, fiturnya kurang banyak.
* Installnya harus online, Chrome tidak menyediakan file masternya, jadi kalau mau menginstall hanya diberi file lauchernya saja. Browser ini lebih cocok buat buka situs semacam berita yangbanyak teks-nya Seperti : okezone , detik , dsb
Kalau buat yang lain masih mending firefox.

4. Opera

(+) Kelebihan:

* Ringan.
* Memiliki email client dan rss sendiri, jadi tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya.
* Pemanggilan kembali Cache cepat





(-) Kekurangan:

* Agak lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs.
* Untuk meng-update-nya harus men-download kembali file masternya.

Bila anda berinternet menggunakan quota, Lebih baik memakai opera. Sebab halaman yang dibuka menggunakan opera sudah dikompress, dan pemanggilan cache lebih cepat dari browser lain sehingga menghemat waktu dan kuota.

5. Safari

+) Kelebihan :

* loading dan drawing web-nya 2 kali lebih cepat daripada IE 7 dan 1.6 kali lebih cepat dari firefox.
* Themenya lebih simple dan lebih nyaman dimata (opini pribadi)

-) Kekurangan :

* Tidak ada plugin pada versi windows
* pada connection settingnya, di safari settingannya harus mengikuti settingan windows yg dipakai, artinya akan sama dengan IE dan itu cukup susah bila kita sering mengganti koneksi.

6. Maxthon :

+) Kelebihan :

* Mempunyai screen capture, untuk membuat screenshot pada web.
* Pada sidebar sebelah kiri ada sidebar khusus untuk pengguna facebook. dengan sidebar tersebut kita dapat melihat status teman kita.
* Ringan. Tidak banyak makan resource

-) Kekurangan :

* Interfacenya tidak enak dilihat, terasa jadul.
* Manajemen tabnya agak aneh.

7. Flock

Flock adalah sebuah penjelajah web yang berspesialisasi pada penyediaan fitur jaringan sosial dan fitur Web 2.0 lain pada tampilan antarmukanya. Browser ini dibuat menggunakan codebase Mozilla’s Firefox Pada tanggal 16 Juni 2008, Flock 2 yang menggunakan Mozilla Firefox 3 sebagai basisnya, diluncurkan dengan status open beta.





+) Kelebihan :

* Upload foto ke layanan situs sosial seperti Flickr, Facebook, Twitter, My Space menggunakan menu photo uploader.
* Terintegerasi langsung dengan situs jaringan sosial
* Update status Facebook langsung tanpa membuka website (tentunya harus sudah login), dan juga mengetahui update status teman melalui People Sidebar. Juga bisa terintegrasi dengan Flickr, Twitter, Youtube, MySapce dan Digg
* Cek email melalui menu webmail
* Posting artikel blog langsung tanpa masuk dashboard melalui menu Blog Editor. Terintegerasi dengan Blogger, Blogsome, LiveJournal, Typepad, wordpress, Xanga dan juga akun blog pribadi anda.

-) Kekurangan :

* Berat. Makan resource banyak.
* Loading start pertama terasa berat.
* Skin Flock pun saat ini masih terbatas.

Browser ini sangat layak dicoba, apalagi untuk yang doyan buka situs social networking dan blogger mania. Tentunya dengan user interface yang kurang lebih sama dengan firefox memudahkan bagi yang sudah terbiasa dengan firefox.



Kesimpulan
REVIEW :
1. KALO BUAT DOWNLOAD, MENDING PAKE FIREFOX, SEBAB FIREFOX SUDAH TERINTEGRASI SAMA IDM APALAGI add-on flashgot dan down them all, yang terakhir ini, wuihhhhhh… ‘nyedotnya’ cepet!.
2.GOOGLE CHROME DAN OPERA TERMASUK YANG PALING RINGAN DAN PALING DIMINATI GAN.
3. KALO ANDA NGENET PAKE KUOTA , MENDING PAKE OPERA .

SEBAB SUDAH DIKOMPRES HALAMANNYA , DAN PEMANGGILAN CACHENYA LEBIH CEPAT DIBANDING BROWSER LAIN SEHINGGA HEMAT WAKTU DAN KUOTA. TAPI SETIAP BROWSER PUNYA KELEBIHAN DAN KEKURANGAn.

"Setiap browser memiliki kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Tergantung kita sebagai pengguna untuk memaksimalkan kegunaan browser tersebut diatas yang sesuai dengan kebutuhan kita."

Kamis, 30 September 2010 di 11.01

0 Comments to "Keunggulan beberapa Browser.."

Posting Komentar

Silahkan koment...

Bola Dunia